Mengenal Contoh Surat Kuasa dan Fungsinya

Contoh-Surat-Kuasa

contoh surat kuasa? Jenis surat ini dapat dikatakan sebagai dokumen resmi dimana seseorang memiliki wewenang bisa melakukan keputusan sesuai nama penulis surat. Surat ini terlihat saat berhubungan ke aturan hukum, dapat berupa keuangan, properti, kesehatan, dan lain-lain.

Apa yang Dimaksud Surat Kuasa?

Dokumen dimana seseorang mendapat otoritas agar dapat membuat tindakan sesuai si penulis surat. Adapun ini digunakan dalam pengurusan hal-hal yang ada hubungannya dengan urusan hukum.

Jika melihat konteks hukum, surat ini telah diatur oleh Pasal 1796 KUHPer (Kitab UU Hukum Perdata) dimana menjadi bentuk persetujuan antara pemberi hak ke orang lain agar melakukan sesuatu hal atas namanya.

Dengan adanya surat ini, pihak yang mendapat hak dapat berbuat yang sebelumnya hanya sang penulis surat yang bisa melakukannya. Hal ini membuat si penulis surat dapat melakukan urusannya dengan bantuan orang lain atau diwakili.

Mereka yang menjadi orang yang diberi wewenang bisa saja seorang pengacara, individu  atau keluarga yang memiliki urusan sehingga bisa diwakilkan.

Fungsi dari Surat Kuasa

Terdapat beberapa fungsi hal ini yang akan membuat proses hukum lebih mudah dan melindungi si pemberi kuasa terhadap kepentingannya. Berikut adalah beberapa fungsi utamanya:

  • Memberikan hak ke pihak tertentu sehingga dapat melakukan suatu urusan hukum sesuai dengan nama pemberi kuasa. Hal ini membuat mereka yang mewakili memiliki hak atau wewenang saat bertindak sesuai dengan nama penulis surat.
  • Membuat pemberi kuasa dapat informasi, ttd dokumen, dan melakukan tindakan hukum melalui orang lain yang mewakilinya. Hal ini sangat efektif dalam membuat urusan hukum cepat selesai.
  • Surat ini juga membuat masalah hukum yang mungkin muncul menghilang jika penulis surat tidak  melakukan keputusan hukum sendiri. Berkat surat tersebut, pihak yang mendapat hak dapat memutuskan sesuai nama pemberi kuasa dan dianggap sah dalam hukum.
  • Surat ini juga sangat membantu dalam menjaga kepentingan si penulis surat dengan adanya hak ke orang yang terpercaya dalam menyelesaikan tugas atas namanya. Ini juga dapat dipercaya karena keputusan si penulis sesuai dengan yang dilakukan oleh penerima wewenang. 
  • Surat ini sangat membantu menyelesaikan urusan sang penulis surat dengan adanya otoritas kepada orang lain dalam hal mewakili untuk membuat keputusan hukum sesuai dengan namanya. Dengan demikian, penulis surat tidak perlu repot lagi secara fisik untuk setiap proses hukum yang ada hubungannya dengan dirinya.

Contoh Surat Kuasa Urusan Bank

SURAT KUASA (Pakai huruf kapital).

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Agung Sejahtera.

Tempat, tgl lahir: Medan, 25 Maret 1991.

Nomor KTP : 12389757291099908.

Pekerjaan: Pengusaha.

Alamat: Jl Duku Nomor 14, Rambutan, Bogor.

Dengan ini memberi kuasa penuh kepada:

Nadma: Chicko.

Tempat, tanggal lahir: Padang, 29 Juli 1992.

Nomor KTP: 23613938163800900.

Pekerjaan: Buruh.

Alamat: Jalan Pahlawan Nomor 15, Bandung.

Untuk melakukan pengambilan uang di rekening Bank BRI dengan rekening 76590022378 atas nama Agung Sejahtera, dan menandatangani berkas-berkas yang bersangkutan.

Demikianlah surat pernyataan pemberian kekuasaan ini saya buat. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Surabaya, 15 Februari 2002.

Yang Diberi Kuasa dan Yang Memberi Kuasa.

Materai 10.000,-

(Agung Sejahtera) (Chicko Setiawan)

Demikianlah penjelasan mengenai surat di atas  beserta dengan contohnya. Dengan memahami contoh Surat Kuasa akan memudahkan dalam berbagai urusan.

Related posts