Ini Dia Ciri Ciri Akun IG Dibatasi dan Solusinya

Ciri-Ciri-Akun-IG-Dibatasi

Mau tahu ciri ciri akun IG dibatasi? Media sosial khususnya Instagram kerap dipakai oleh pengguna internet. Apalagi bagi pegiat bisnis yang memanfaatkan semua fitur yang tersedia untuk menjual produk atau jasa.

Berbagai cara dilakukan agar akun mereka selalu mendapat kunjungan tertarget yang meningkat setiap harinya. Namun sayangnya, ada kalanya pengguna harus menghadapi situasi dimana akun sudah tidak bisa diakses atau tiba tiba dibatasi.

Kalau sudah begini tentu saja si pengguna merasa bingung dan panik. Tapi tenang dulu. Sebelum kita mencari tahu ciri ciri akun IG dibatasi ada baiknya kita mengetahui alasan dibalik itu.

Yang pasti, kita tahu bahwa Instagram memiliki peraturan tersendiri dan cukup ketat. Hanya saja, tidak sedikit pengguna yang merasa tidak melakukan kesalahan apapun namun justru mengalami kondisi ini.

Namun yang pasti, alasan terbesar mengapa akun dibatasi adalah melanggar hak cipta. Mengupload konten yang jelas jelas melanggar hak cipta atau tidak mendapat izin sangat besar potensinya mengalami pembatasan akun.

Selain itu, penggunaan Hashtag yang dilarang oleh Instagram juga membuat akun dibatasi. Lantas, bagaimana kita tahu ciri ciri jika akun IG kita dibatasi?

Ciri-ciri Akun yang Dibatasi di Instagram

ciri-ciri-akun-IG-dibatasi
  1. Keterbatasan Aktifitas

Ciri utamanya adalah pengguna tidak bisa mengomentari, mengikuti akun lain atau menyukai postingan. Sayangnya, ciri ciri akun IG dibatasi model seperti ini tidak ada pemberitahuan sama sekali. Inilah yang membuat banyak pengguna merasa bingung.

  1. Pemberitahuan Peringatan

Meski tak semua, namun pihak Instagram akan memberikan peringatan baik melalui akun pengguna atau email. Adapun isi dari pemberitahuan tersebut berupa pembatasan karena sudah melanggar aturan yang ditetapkan.

Namun sekali lagi, pihak Instagram tidak akan memberikan rincian spesifik pelanggaran apa saja yang sudah dilakukan.

  1. Jangkauan Berkurang

Ciri lainnya jika akun sudah dibatasi adalah mengalami pengurangan jangkauan. Hal ini sangat berdampak sekali karena semua postingan yang dibuat tidak akan muncul di feed pengikut atau dalam hasil pencarian umum.

  1. Tidak Bisa Menyebarkan Konten

Pembatasan akun pada IG juga cukup berdampak yaitu tidak bisa menyebarkan konten melalui cerita atau Stories. Begitu juga dengan fitur Direct Message tidak bisa dimanfaatkan karena memang sudah dibatasi.

  1. Pengurangan Interaksi.

Akun yang dibatasi mungkin juga mengalami pengurangan drastis dalam interaksi, seperti jumlah like, komentar, atau pengikut yang baru. Hal ini terjadi karena postingan mereka tidak lagi diperlihatkan secara luas kepada pengguna Instagram.

Nah, dari ciri ciri akun IG dibatasi tentu semuanya memberi dampak yang cukup serius buat pengguna media sosial yang satu ini. Apalagi bagi mereka yang benar benar menggunakannya sebagai media promosi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi akun IG yang dibatasi?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti mengajukan banding. Instagram memungkinkan pengguna untuk mengajukan banding jika mereka merasa akun mereka dibatasi secara tidak adil. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan dalam pesan peringatan atau melalui formulir banding yang tersedia di situs web Instagram.

Atau bisa juga dengan memeriksa kembali konten yang sudah dibagikan di Instagram. Pastikan semua konten yang dibuat tidak melanggar pedoman yang diberikan. Jika ternyata Anda menemukannya maka sebaiknya segera menghapus dan mengubahnya segera.

Diharapkan, ciri ciri akun IG dibatasi yang sudah dijelaskan diatas tidak terjadi pada Anda. Mengingat cukup banyak resiko yang ditimbulkan terutama dari segi pengembangan bisnis.

Related posts